MILLENNIAL MENGABDI

KUALA LUMPUR - DUMAI, RIAU

9 - 15 September 2019

YOUCAN MILLENNIAL MENGABDI

YOUCAN Millennial Mengabdi merupakan gerakan dari kalangan millenial untuk melakukan sebuah gebrakan dalam pengabdian masyarakat di daerah terluar Indonesia dengan diperkaya peningkatan wawasan dan kapabilitas bertaraf internasional dalam satu rangkaian acara. Dengan berbekal semangat, skill, dan pengetahuan yang dimiliki para millennial, Youth Center to Act for Nations optimis mengajak seluruh kalangan millenial untuk turut berperan aktif  pada gerakan ini. Menggabungkan pelatihan dan juga berkolaborasi dengan mitra-mitra YOUCAN di Kuala Lumpur, Malaysia untuk memperkaya wawasan dan kapabilitas dalam pemberdayaan masyarakat di konteks global kemudian mampu merealisasikan perubahan ke arah yang lebih baik di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan kepada wilayah-wilayah Indonesia di perbatasan, khususnya di Dumai, Provinsi Riau.

KONSEP UTAMA

Pemberdayaan Masyarakat Perbatasan

  • Gerakan ini akan diawali dengan observasi mendalam kehidupan masyarakat di perbatasan. Kemudian di lengkapi dengan sesi Focus Group Discussion bersama perwakilan warga, tokoh masyarakat, korporasi, serta pamong praja setempat, untuk mensinergikan pandangan, ide, dan pemikiran masing-masing pihak untuk menyusun rencana2 yang relevan, kreatif, inovatif, dan edukatif, sehingga mampu dijalankan dalam waktu panjang kendati para peserta YouCAN Millennial Mengabdi telah kembali ke daerah asal masing-masing. Yang kemudian tercapainya tujuan besar dari gerakan ini, yakni merealisasikan perubahan ke arah yang lebih baik di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan kepada wilayah-wilayah Indonesia di perbatasan, khususnya di Dumai, Provinsi Riau.

Peningkatan Wawasan Internasional

  • Para peserta YOUCAN Millennial Mengabdi akan mengikuti pembekalan di tingkat internasional terkait pemberdayaan di wilayah perbatasan, membangun relasi dan komunikasi dengan kalangan millenial lain dari Indonesia dan Malaysia, serta menambah alat berstandart Internasional untuk menumbuhkan dan mengembangkan wilayah perbatasan.

KURIKULUM & DESAIN PROGRAM

  • Coordination And Communication
    Kunjungan langsung ke masyarakat untuk menilai keadaan ekonomi para wirausahawan adalah hal biasa, seperti juga pertanyaan umum tentang standar hidup mereka.
  • Community Involvement
    Keterlibatan masyarakat berbasis luas sangat penting untuk program pengembangan kepemimpinan masyarakat. Program kepemimpinan pemuda ini harus dipandu oleh komite yang terdiri dari perwakilan lembaga layanan manusia, pendidikan, lembaga keagamaan, bisnis, kelompok etnis / budaya di masyarakat, dan kelompok lain yang memiliki minat dalam pengembangan pemuda.
  • Knowledge sharing
    Menyediakan sumber daya dan alat informasi untuk meningkatkan kemampuan operasi dari program target. Layanan ini sebagian besar akan disediakan melalui mekanisme online serta melalui pertemuan dan lokakarya tatap muka.
  • Cultural Appreciation
    Penekanan pada keragaman budaya dalam pendekatan nilai-nilai untuk kepemimpinan, dan perilaku yang diharapkan akan dimasukkan ke seluruh program. Ini termasuk pengakuan akan berbagai cara dalam mendefinisikan kepemimpinan, komunikasi, menilai melakukan dan menjadi, merasa nyaman dengan berbagi pikiran dan perasaan dengan orang lain, menempatkan pentingnya kerendahan hati, dan menangani konflik.

AKTIVITAS PENGABDIAN

  • Focus Group Discussion dengan warga dan para tokoh masyarakat setempat untuk mendapatkan informasi serta gambaran yang komprehensif terkait sosial, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan setempat.
  • Kunjungan ke lokasi unggulan yang merupakan peluang bagi masyarakat Dumai
  • Observasi partisipatif terhadap kegiatan sehari-hari masyarakat, sehingga muncul gambaran konkret akan budaya warga setempat
  • Melakukan gebrakan baik bersifat inovatif, kreatif, serta edukatif, sehingga mampu dikenang dan tak terlupakan dari kalangan Millennial untuk warga di perbatasan Dumai, Provinsi Riau.
  • Meningkatkan daya kreatifitas dan inovatif masyarakat untuk menangkap peluang-peluang di bidang ekonomi.
  • Mengembangkan pengetahuan dan informasi masyarakat terkait percepatan kemajuan zaman.
  • Melaksanakan sosialisasi untuk penyadaran akan pentingnya kesehatan kepada masyarakat
  • Menjalankan kegiatan cinta lingkungan bersama masyarkat
  • Evaluasi dan sosialisasi hasil pengabdian kepada masyarakat

PROFIL LOKASI

Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur adalah ibu kota dan kota terbesar di Malaysia. Kawasan Wilayah Persekutuan meliputi wilayah seluas 244 km2 (94 sq mi), dengan penduduk sekitar 1,6 juta jiwa (2010). Wilayah metropolitan Kuala Lumpur atau yang juga dikenal sebagai Lembah Klang, memiliki jumlah penduduk sebesar 5,7 juta jiwa. Kuala Lumpur merupakan wilayah metropolitan dengan pertumbuhan paling pesat di Malaysia, baik dalam jumlah penduduk maupun ekonomi.

Dari segi pendidikan, Kuala Lumpur mencapai tingkat melek huruf sebesar 97.5% pada tahun 2000, tertinggi di seluruh Malaysia.Di Kuala Lumpur terdapat 13 insititusi pendidikan tinggi, 79 sekolah menengah, 155 sekolah dasar, dan 136 TK. Terdapat beberapa institusi terkemuka di ibu kota yang sudah ada sejak satu abad lebih, seperti Sekolah Menengah Kebangsaan Victoria (1893); Methodist Girls’ School (1896); Methodist Boys’ School (1897); Convent Bukit Nanas (1899) dan Institusi St. John (1904). Di Kuala Lumpur juga berdiri Universitas Malaya sebagai universitas tertua di Malaysia sejak kemerdekaan negara.Contoh universitas lain yang ada di Kuala Lumpur adalah Universitas UCSI, Universitas Perubatan Antarabangsa, Universitas Terbuka Malaysia, Universitas Kuala Lumpur, Universitas Terbuka Wawasan, dan kampus cabang Universitas Kebangsaan Malaysia dan Universitas Teknologi Malaysia.

Dumai, Riau

Dumai merupakan salah satu kota dministratif di Provinsi Riau. Awal mula Kota Dumai merupakan sebuah dusun kecil di pesisir timur Provinsi Riau. Lalu mendapat pemekaran dari Kota Bengkalis yang kemudian kini mampu berdiri sendiri menjadi wilayah administratif Kota Dumai. Kota Dumai memiliki jumlah penduduk 268.000 jiwa dengan kepadatan rata-rata 156 jiwa/km2, serta laju pertumbuhan sebesar 3,7%. 

Pada aspek pendidikan, fakta di lapangan menunjukkan bahwa berbagai indikator mutu pendidikan menunjukkan peningkatan kualitas pendidikan sangat dibutuhkan. Ketidakpuasan berjenjang juga terjadi, dimana kalangan SMP merasa bekal lulusan SD kurang mampu untuk memasuki SMP dan kalangan SMA merasa lulusan SMP tidak siap mengikuti pembelajaran di sekolah menengah atas, kalangan perguruan tinggi merasa bekal lulusan SMA belum siap untuk mengikuti perkuliahan. Berdasarkan data dari Badan Standar Nasional tahun ajaran 2009/2010 tingkat kelulusan siwa SMA pada ujian nasional untuk Kota Dumai berada pada peringkat sembilan dari 12 (dua belas) Kabupaten /Kota yang ada di Propinsi Riau. Pada aspek ekonomi Kota Dumai mengandalkan pada empat bidang, yakni perkebunan, kelautan, perdagangan, dan industri. Adanya pelabuhan lintas perdagangan internasional menjadikan Kota Dumai unggul dalam transportasi, termasuk dengan adanya Bandara Pinang Kampai. Namun, pertumbuhan ekonomi di Dumai belum optimal dirasakan oleh masyarakatnya. Di bidang pariwisata tak kalah menarik, Kota Dumai memiliki kawasan-kawasan unggulan untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional diantaranya yakni, kawasan konservasi di Kecamatan Sungai Sembilan, hutan wisata di Kecamatan Dumai Barat dan Dumai Timur, kawasan pantai Teluk Makmur di Kecamatan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh di Kecamatan Dumai Timur.

RUNDOWN

Day 1

08.00 – 12.00 Arrival assistance 
12.00 – 14.00 Lunch
14.00 – 18.00 
18.00 – 20.00 Welcoming Dinner & Team Building

Day 2

09.00 – 12.00 Community Development Workshop di University of Malaya
12.00 – 13.30 Lunch and pray 
14.30 – 17.00 Pertukaran Budaya di Malaysia Tourism Center
17.00 – 20.00 Mengunjungi Petronas Twin Tower
20.00 – 23.00 Feeding Homeless with Organization Partner

Day 3

09.00 – 15.00 Perjalanan menuju Dumai, Riau
15.00 – 20.00 Persiapan dan Acara Bebas
20.00 – 23.00 Acara Penyambutan dan Pembukaan Program Pemberdayaan Desa

Day 4

09.00 Program Pemberdayaan Masyarakat

Day 4

09.00 Program Pemberdayaan Masyarakat

Day 6

09.00 Program Pemberdayaan Masyarakat

Day 7 

Pulang

KRITERIA PESERTA

  • Warga Negara Indonesia berusia 15-30 tahun
  • Memiliki keterampilan leadership terhadap interpersonal dan intrapersonal, komunikator yang handal, percaya diri, bisa saling memahami, dan mempunyai orientasi tujuan yang bernilai kemanfaatan bagi masyarakat.
  • Siap menempa diri, percaya terhadap skill orang lain, mampu belajar dan berbagi untuk kepentingan bersama, memiliki inisiatif, dan bertanggung jawab atas diri sendiri dan team.
  • Mempunyai keterampilan dalam memetakan masalah dan memecahkan masalah dalam team dan masyarakat.
  • Bersedia bertanggung jawab dalam menjaga optimalisasi pelaksanaan program serta nama baik diri sendiri, organisasi dan negara

FASILITAS

10 Peserta Terpilih Berhak untuk Mendapatkan Fasilitas:

  • Pesawat Terbang dari Titik Keberangkatan di Indonesia dan Tiket Pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia
  • Program Pelatihan Community Development di Kuala Lumpur, Malaysia
  • Pertukaran Budaya Asing di Malaysia
  • Study Tour ke University of Malaya
  • City tour ke Kuala Lumpur termasuk Twin Tower Petronas, Batu Caves, Istana Negara
  • Transportasi dari Kuala Lumpur menuju Dumai
  • Sarana dan Prasarana Program Pemberdayaan Masyarakat di Dumai
  • Akomodasi dan Konsumsi di Kuala Lumpur dan Dumai
  • Pendampingan Pelaksanaan Program
  • Sertifikat Program
  • Seragam dan Atribut

INFO PROGRAM

Biaya Program – Jalur Self Funded:
Rp. 4.500.000

Dapat dibayarkan dua tahap:

Batas Pembayaran Tahap Pertama:
30 June 2019 = Rp. 2.000.000 – US$100

Pembayaran Tahap Kedua:

28 Juli 2019 = Rp. 2.500.000 

Peserta mengisi form pendaftaran di bit.ly/daftarymm2019 . Panitia akan mereview form pendaftaran yang telah diisi oleh para pendaftar dan akan mengirimkan Letter of Acceptance bagi para peserta yang terpilih beserta dokumen lainnya yang dapat digunakan untuk mengajukan sponsorship dan dukungan dana.

ABOUT US

We are an non-governmental organization of youth based in Indonesia founded on 19th April primarily concerned on youth empowerment and aims to promote awareness among youngsters the importance of their participation in the progress of every nation. We are commited to empower commited and visionary young leaders to contribute together to our nation and environment.

CONTACT
 
+62 895 3166 2079
 info@youcan.or.id

Copyright YOUCAN 2019